Selasa, 04 Agustus 2020

Daring 05/08/20 - Lanjutan Mengenal Huruf Hijaiyah

Materi Pelajaran TAHSIN
Kelas VII SMP Al Azhar 3 Bandar Lampung
Hari Selasa 5 Agustus 2020
Kelas VII C (1&2) dan kelas VII F (9&10)

Mengulas bahasan kita  Minggu lalu (Pertemuan ke 2 sebelum Post Tes), tentang sifat-sifat dan tanda baca huruf hijaiyah saya yaqin masih banyak yang bingung memahaminya…
Ini ada sedikit kata pengantar dari saya mengenai pentingnya memahami sifat sifat huruf hijaiyah… Silahkan disimak terlebih dahulu…
Klik Linknya:


Bagaimana? Sedikit faham lah ya…
Karena begini…
Sifat itu sama seperti kita memahami sifat manusia, ada kalanya manusia mempunyai sifat pemarah, pemaaf, lembut, keras kepala, santun dan lain sebagainya… begitu juga dengan huruf hijaiyah ada yang mempunyai sifat kuat dan lembut hurufnya, ada yang memiliki sifat tertahan dan terlepas suaranya dan lain sebagainya…
Untuk lebih jelas silahkan dibuka catatannya kembali mengenai sifat-sifat huruf hijaiyah yang memiliki lawan atau yang tidak memiliki lawan. Nah masing-masing sudah ada bagiannya dan huruf-hurufnya di pertemuan ke 2...
Jangan ambil pusing… kalau menghafal pasti sulit, tapi coba di pahami, insyallah faham dengan mudah.
Kemudian mengenai tanda baca,, saya yaqin kalian semua sudah banyak yang bisa membaca Al Qur’an atau minimal sudah mampu membaca huruf hijaiyah yang sudah berharokat… atau yang masih Iqro’ ngajinya saya yaqin juga pasti sudah bisa, walaupun masih ada yang blom lancar.
Untuk mengingat kembali, ini contoh huruf hijaiyah yang mempunyai tanda baca.
Berikut contohnya:

1.    Tanda baca fathah
 
 2.    Tanda baca kasrah

3.    Tanda baca dhammah

4.    Tanda baca tanwin fathah
5.    Tanda baca tanwin kasrah

6.    Tanda baca tanwin dhammah

7.    Tanda baca sukun
8.    Tanda baca tasydid

Bagaimana,,, sangat mudah kan ya memahami tanda baca huruf hijaiyah..
Kemudian point yang terakhir adalah bagaimana memahami huruf hijaiyah sambung dan bagaimana cara membacanya?
Silahkan dilihat contoh berikut ini…


Catatan:
Kuncinya untuk bisa memahami huruf hijaiyah sambung adalah perhatikan huruf perhurufnya, ketahui ciri huruf tersebut, masing-masing huruf berbeda dengan huruf yang lain. coba dilihat contoh di atas ini, Huruf Tunggal adalah keadaan huruf hijaiyah yang masih terpisah, sedang yang sebelahnya (sambung) adalah keadaan huruf hijaiyah yang sudah digabungkan. cara membacanya juga sama, ejaannya juga sama.

TUGAS:
Silahkan di Rangkum yaa....
Kirim Bukti Rangkumannya beserta foto Orangnya yang sedang mengerjakan. kirim ke WA Bapak.
Yang masih bingung silahkan ditanyakan dikolom komentar ya...

12 komentar:

  1. Assalamualaikum Wr.Wb.
    Saya Khalista Sheila Lathifah.
    Dari kelas 7 C.
    Baik pak,saya akan merangkumnya di buku tulis.
    Terimakasih pak atas materinya🙏🏻.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum ,Saya Getar Geleghar Riyanto dari kelas 7F Terimakasih pak atas materinya.

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum pak perkenalkan nama saya safira puteri samanda kelas 7f
    Terimakasih pak atas materi nya

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum, nama saya Fathiyah Zahra dari kelas 7C. Terima kasih

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum nama saya muhammad agung pratama dari kelas 7c

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum pak nama saya Muhammad Rizal dari kelas 7c hadir ya pak

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum pak, saya Muhammad Laskar Andwian dari kelas 7F, Terimakasih atas materinya pak

    BalasHapus
  10. Assalamualaikum nama saya Al-faiz Bintang Akbar Ramadhan saya dari kelas 7c
    Hadir pak

    BalasHapus
  11. Assalamualaikum bu perkenalkan nama saya seno kurniawan saya dari kelas 7F

    Terima kasih

    BalasHapus
  12. Assalamualaikum Bi nama saya Gescha Rifki Jeynabil dari kelas 7C, Terimakasih atas materinya

    BalasHapus

RABU 18 SEPTEMBER 2024 - TAHSIN KLS 7D - HAFALAN

  GURU MAPEL : AMIN NURROHIM, S.Pd.I SMP AL AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG CLASS : 7D MAPEL : TAHSIN RABU 18 SEPTEMBER 2024: JAM KE 3-4 (7D) Topic: ...