Minggu, 10 November 2019

Akhlak Sesama Manusia 1

Materi Kultum hari Senin 11 Nov 2019
-------------------


Persaudaraan atau persahabatan sesama muslim yang hakiki hanya terjadi jika dibangun di atas ridho Ilahi, yaitu sesama muslim mereka bersaudara, dalam kitab suci Al Qur'an dijelaskan pada surat Al Hujurat : 10. “Sesungguhnya orang-orang mukmin adalah bersaudara karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu dan bertaqwalah kepada Allah supaya kamu mendapat nikmat.” 



Maka bagi sesama muslim setidaknya ada 11 point yang mesti dilakukan terhadap saudaranya (sesama muslim): 
1. Memberi salam apabila saling jumpa (QS Annisa:86) Banyak dari kita masih menyapa dengan "Hai", "Halo", "Pagi", padahal ini tidak ada nilai ibadahnya. Didalam Islam, salam yang bernilai ibadah (karena didalamnya ada doa) adalah Assalamualikum, dan dijawab dengan Wa alaikum salam, minimal, atau ditambahkan dengan ucapan Warahmatullahi wabarakatuh itu lebih baik. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam QS An Nisa ayat 86. Dan apabila kamu dihormati dengan suatu (salam) penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik, atau balaslah (penghormatan itu, yang sepadan) dengannya. Sungguh, Allah memperhitungkan segala sesuatu.
--------
Lanjut besok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SENIN 23 SEPTEMBER 2024 - TAHSIN KLS 7A-7B - HAFALAN

  GURU MAPEL : AMIN NURROHIM, S.Pd.I SMP AL AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG CLASS : 7A dan 7B MAPEL : TAHSIN SENIN 23 SEPTEMBER 2024: JAM KE 4-5 (7A)...