Kamis, 16 September 2021

17/09 - HUKUM BACAAN MAD (7D)

GURU MAPEL : AMIN NURROHIM, S.Pd.I
SMP AL AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG
CLASS : 7D
MAPEL : TAHSIN
JAM KE 1 : 08:50 s.d 09:50 WIB
HARI/TGL : JUM'AT, 17 SEPTEMBER 2021

Topic: MEMAHAMI PENGERTIAN DAN MACAM-MACAM HUKUM BACAAN MAD

Tujuan Post Test:

Setelah siswa mempelajari Hukum Bacaan Mad, siswa diharapkan dapat menerapkannya kedalam bacaan Al Qur'an, dan menjadi kebiasaan, sehingga Ayat yang dibaca dapat sesuai dengan hukum tajwidnya.


HUKUM BACAAN MAD

Adik-adik sholeh dan sholehahm minggu lalu kita telah membahas mengenai Makhorijul Huruf (bagaiana cara melafalkan huruf-huruf hijaiyah dengan baik sesuai dengan makhrojnya) semoga pelajaran kemarin bisa difahami, dan saya berharap bagi kalian yang belum faham silahkan untuk ditanyakan, supaya apa yang akan kita bahas selanjunta berjalan dengan baik.

Baiklah, Pada pertemuan kali ini, saya akan menjelaskan tentang bagaimana Hukum Bacaan Mad. Oh iya, Di Dalam ilmu Tahsin itu banyak sekali hukum-hukum tajwidnya. Diantaranya ada hukum nun sukun dan tanwin, hukum mim sukun dan tanwin, hukum mim tasyidid dan nun tasyidid dan sebagaimanya, tapi nanti ini akan kita bahas dipertemuan berikutnya. Pada kesempatan ini, kita fokus saja pada hukum bacaan Mad. Tentang apakah itu Mad? ada berapa macam hukum bacaan Mad? Bagaimanakah contohnya? Mari kita amati gambar berikut ini:






Nah,,, bagaimana yang kalian dapat? Apakah sudah mengerti? Baik akan kita bahasa satu persatu.

*********************************

Secara umum, bacaan mad terbagi menjadi dua, yaitu mad thabi’i (atau biasa disebut sebagai mad asli) dan mad far’i (mad cabangnya atau bagiannya). Nah, dari mad far’i ini, nanti dibagi lagi hukum mad menjadi 14 macam-macam mad.

Jadi, kalau di total secara keseluruhan ada 15 macam hukum bacaan mad. Nah, untuk lebih jelasnya mengenai semua hukum mad ini, mari kita diulas lebih lengkap tentang macam-macam mad dan penjelasannya.

# Mad Thabi’i

Mad Thabi’i (mas asli) merupakan hukum mad yang terjadi apabila ada alif yang terletak sesudah fathah, atau ya’ sukun terletak sedudah kasrah atau juga huruf wau yang terletak sesudah dhammah maka ini dihukumi sebagai bacaan mad thabi’i. Dimana Mad berarti panjang dan Thabi’i yang artinya biasa.

Cara membacanya harus sepanjang dua harakat atau disebut satu alif, contohnya:

كتَابٌ - يَقُوْلُ - سمِيْعٌ

# Mad Far'i

Mad Far'i secara bahasa artinya adalah cabang. Sedangkan menurut istilah Mad Far'i adalah hukum mad yang merupakan tambahan dari mad asli (sebagai hukum asalnya), yang disebabkan oleh hamzah atau sukun. Nah, Mad Far'i ini terbagi menjadi beberapa macam, diantaranya sebagai berikut:

1. Mad Wajib Muttasil

Mad Wajib Muttasil. Terjadinya mad ini apabila mad thabi’I bertemu dengan hamzah pada satu kalimat atau ayat. Untuk cara membacanya, wajib dipanjangkan sepanjang lima harakat atau setara dengan dua setengah kali dari mad thabi’i (dua setengah alif). Contohnya:

سَوَآءٌ - جَآءَ - جِيْءَ

2. Mad Jaiz Munfashil

Mad Jaiz Munfasil terjadi apabila ada mad thabi’i yang bertemu dengan hamzah, namun hamzah tersebut berada pada lain kalimat. Jaiz sendiri berarti boleh, sedangkan Munfashil memiliki arti terpisah.

Nah, untuk membaca mad ini adalah boleh seperti Mad Wajib Muttasil tadi dan boleh juga seperti Mad Thobi’i. (boleh dibaca panjang 5 harokat atau dibaca 2 harokat), Begini contohnya:

وَﻻَأنْتُمْ بِمَا أُنْزِلَ

 

Catatan Tugasnya:

1. Silahkan kalian cari di ayat Al-Quran yang mengandung hukum bacaan Mad Tobi'i, Mad Wajib Muttasil dan Mad Jaiz Munfasil (masing-masing 2 contoh dan harus berbeda dengan contoh yang ada di atas) 
2. Boleh mengambil contoh dari Iqro, Surat-surat pendek atau surat2 yang lainnya yang ada di dalam Al Qur'an.
3. Iihat kata kuncinta (silahkan di amati kalimat atau penjelasan di atas yang bergaris tebal dan berwarna merah)
4. Foto hasil tugasnya dan kirim ke WA bapak sebagai bukti HADIR di pertemuan ini

20 komentar:

  1. Assalamualaikum
    Nama: Adelia Alluna Sevicha
    Kelas: 7D
    Absen: 1
    Ket: Hadir

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum pak
    Nama : Aisha Valeria Sakhi
    Kelas : 7D
    Absen : 2
    Ket : hadir

    BalasHapus
  3. Assalamu'alaikum pak
    Fariz Adyatma Mustopa
    Kelas:7D
    Absen:05

    BalasHapus
  4. Assalamu'alaikum pak
    Nama: Farros Aisy Raudho
    Kelas:7D
    Absen:06

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum
    Nama:kirana Tungga Dewi
    Kelas:7D
    Absen:11
    Ket:hadir

    BalasHapus
  6. Assalamualikum pak n
    Nama : Rafael Ali Akbar
    Kelas : 7D
    Absen : 21
    Hadir

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum
    Nama:Jihan Farisa
    Kelas:7D
    Absen:10
    Ket: hadir

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum
    Nama:M.Rayhan abdi
    Kls:7D
    Absen:17
    Ket:hadir

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum
    Nama: Siti Khaira Aimee Andhya
    Kelas:7D
    Absen:24
    Ket: hadir

    BalasHapus
  10. Assalammualikum Pak
    Nama: Rendy Cahya Andriyansyach
    Kls: 7D
    Absen: 23
    Ket: Hadir

    BalasHapus
  11. Assalammualikum Pak 
    Nama: bima bagus saputra
    Kls: 7D
    Absen: 4
    Ket: Hadir

    BalasHapus
  12. Assalamualaikum
    Nama Randi Prihantoro HR
    Kelas 7d
    Absen 22
    Ket Hadir

    BalasHapus
  13. Assalamualaikum
    Nama Febian Ar Rahman Arief
    Kelas 7d
    Absen 7
    Ket Hadir

    BalasHapus
  14. Assalamualaikum
    Nama : M. Vido Nabil Arkana
    Kelas : 7D
    Absen : 13
    Ket : Hadir

    BalasHapus
  15. Assalamualaikum
    Nama : Atikah Balqis Azizah
    Kelas : 7D
    Absen : 03
    Ket : Hadir

    BalasHapus
  16. Assalamualaikum
    Mona aulia 7D || absen 15
    hadir pak

    BalasHapus
  17. Assalamu'alaikum
    Jahra Syafiah Sahputra
    7D
    09
    Hdir pak

    BalasHapus
  18. Assalamualaikum
    nama:Pebri Hanafi
    kelas:7D
    absen:20
    ket:hadir

    BalasHapus
  19. Assalamualaikum
    Nama Nabila Putri ayu
    Kelas 7D
    Absen 18
    Hadir

    BalasHapus

RABU 18 SEPTEMBER 2024 - TAHSIN KLS 7D - HAFALAN

  GURU MAPEL : AMIN NURROHIM, S.Pd.I SMP AL AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG CLASS : 7D MAPEL : TAHSIN RABU 18 SEPTEMBER 2024: JAM KE 3-4 (7D) Topic: ...