Kamis, 08 Agustus 2019

HIKMAH BERKURBAN JILID 2

Materi Kultum Hari Kamis 08 Agustus 2019
Melanjutkan bahasan kemarin mengenai Hikmah dari pada Berkurban.
--------------------------------------

Berqurban Sama Artinya Kita Membahagiakan Kaum Duafa


Agama islam sudah mengajarkan bahwa berbagi kepada sesama khususnya untuk mereka para kaum duafa, maka ketika kita melaksanakannya Allah telah menjanjikan untuk melipatgandakan rezeki kita dan mendapatkan pahala yang tak terhitung jumlahnya. Diriwayatkan oleh HR. Muslim :

“Hari Raya Qurban adalah hari untuk makan, minum dan dzikir kepada Allah.” (HR. Muslim)


Banyak Kebaikan Yang Kita Peroleh Dari Setiap Bulu Hewan Qurban


Poin ketujuh ini diriwayatkan oleh HR. Ahmad dan Ibn Majah, penjelasannya bisa kita simak bersama-sama sebagai berikut :


Dari Zaid ibn Arqam, ia berkata atau mereka berkata: “Wahai Rasulullah SAW, apakah qurban itu?” Rasulullah menjawab: “Qurban adalah sunnahnya bapak kalian, Nabi Ibrahim.” Mereka menjawab: “Apa keutamaan yang kami akan peroleh dengan qurban itu?” Rasulullah menjawab:  Mereka menjawab:  Rasulullah menjawab: “Setiap satu helai bulunya juga satu kebaikan.” (HR. Ahmad dan ibn Majah)


Dari riwayat yang sudah dijelaskan tersebut begitu banyak feedback yang diberikan Allah kepada hambanya yang sudah mampu dan kemudian mau melaksanakan perintah-Nya yakni berqurban.

Berqurban Merupakan Perbuatan Yang Sangat Disukai Oleh Allah


Mengapa Allah sangat menyukai hambanya yang sudah mampu dan mau melaksanakan ibadah qurban? Dengan berqurban kita akan menjadi hamba Allah yang tentunya semakin dekat kepada-Nya. Dari riwayat HR. Ibn Majah dan Tirmidzi, penjelasannya sebagai berikut :


Dari Aisyah, Rasulullah SAW bersabda: “Tidak ada amalan anak cucu Adam pada hari raya qurban yang lebih disukai Allah melebihi dari mengucurkan darah (menyembelih hewan qurban), sesungguhnya pada hari kiamat nanti hewan-hewan tersebut akan datang lengkap dengan tanduk-tanduknya, kuku-kukunya, dan bulu- bulunya. Sesungguhnya darahnya akan sampai kepada Allah –sebagai qurban– di manapun hewan itu disembelih sebelum darahnya sampai ke tanah, maka ikhlaskanlah menyembelihnya.” (HR. Ibn Majah dan Tirmidzi)


Hewan qurban yang telah kita sembelih, nantinya akan menjadi kendaraan yang membantu kita di akhirat kelak.


Berqurban Akan Membuat Kita Menjadi Semakin Dekat  Dan Senantiasa Bersyukur Kepada-Nya


Poin ini juga memberikan pelajaran yang berharga kepada kita semua. Kita diciptakan di dunia ini hanya untuk hidup sementara saja dan untuk beribadah kepada-Nya. Maka perbanyaklah ibadah semasa hidup kita. Di dalam Al-Quran surat Al-An’am ayat 162 dan ayat 163 dijelaskan sebagai berikut :


“Katakanlah (Muhammad), “Sesugguhnya shalatku, ibadahku, hidupku, dan matiku, hanyalah untuk Allah, Tuhan Seluruh Alam. Tidak ada sekutu bagi-Nya, dan demikianlah yang diperintahkan kepadaku dan aku adalah orang yang pertama-tama berserah diri (muslim).”

Berqurban Akan Membuat Kita Senantiasa Bersyukur Kepada-Nya


Dengan melaksanakan qurban kita akan menjadi hamba yang senantiasa bersyukur atas nikmat dan rezeki yang telah diberikan kepada kita oleh Allah. Hal ini juga dijelaskan di Al-Qur’an pada beberapa surat, penjelasannya sebagai berikut :


“Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku.” (QS. Al-Baqarah : 152)


“Wahai orang-orang yang beriman! Makanlah rezeki yang baik yang Kami berikan kepada kamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika kamu hanya menyembah kepada-Nya.” (QS.Al-Baqarah : 172)


“Dan Muhammad hanyalah seorang Rasul, sebelumnya telah berlalu beberapa Rasul. Aapakah jika dia wafat atau dibunuh, kamu berbalik ke belakang (murtad)? Barang siapa berbalik ke belakang, maka ia tidak akan merugikan Allah sedikit pun. Allah akan memberi balasan kepada orang yang bersyukur.” (QS. AL-Imran : 144)


Dari kutipan surat di atas sudah menunjukkan bahwa rasa syukur sangat dianjurkan agar kita bisa lebih dekat kepada Allah SWT.


-----------------------------------
Dapat diambil kesimpulan bahwa hikmah qurban Idul Adha yang sudah dijelaskan di atas bisa kita jadikan sebagai pembelajaran dan pengetahuan betapa banyak kebaikan yang dijanjikan Allah kepada hamba-Nya. 

Sampai disini materi kali ini yang membahas mengenai hikmah qurban Idul Adha. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KAMIS 26 SEPTEMBER 2024 - TAHSIN KLS 7C - HAFALAN

GURU MAPEL : AMIN NURROHIM, S.Pd.I SMP AL AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG CLASS : 7C MAPEL : TAHSIN KAMIS 26 SEPTEMBER 2024: JAM KE 3-4 (7C) Topic:  ...