Rabu, 18 September 2019

Kisah Pemuda yang Memberi Minum Seekor Anjing

Materi Kultum Hari Kamis 19 September 2019
-------------------------

Kisah Pemuda yang Memberi Minum Seekor Anjing
Seseorang tidak akan masuk surga karena amal yang dia lakukan, tetapi dia akan masuk surga karena rahmat Allah subhanahu wa ta’ala. Abu Hurairah menceritakan sabda Rasulullah shallallahu alahi wa sallam, “Tidak seorang pun di antara kalian yang akan dibebaskan oleh amalnya.”

Para sahabat bertanya, “Tidak juga engkau wahai Rasulullah?”

Beliau bersabda, “Tidak juga aku, kecuali bila Allah melimpahkan ampunan dan rahmat-Nya kepadaku.” (HR. Muslim)

Dia telah menetapkan atas dirinya kasih sayang, Dia benar-benar akan menghimpun kalian pada Hari Kiamat yang tidak ada keraguan terhadapnya. (al-An’am [6]: 12)

Kasih sayang adalah salah satu sebab mendapatkan ampunan Allah subhanahu wa ta’ala.

Abu Shalih as-Samman meriwayatkan dari Abu Hurairah, dia menceritakan bahwa Rasulullah shallallahu alahi wa sallam, bersabda, “Ketika seorang laki-laki berjalan menempuh perjalanan yang jauh, tiba-tiba dia merasa haus yang sejadi-jadinya. Tidak lama kemudian dia menemukan sebuah sumur. Dia pun turun memasuki sumur itu dan minum sepuasnya. Kemudian tatkala kembali keluar, ternyata ada seekor anjing menjulurkan lidah dan memakan tanah karena sudah terlalu haus, maka laki-laki itu berkata dalam hatinya, “Anjing ini pasti kehausan sebagaimana yang aku rasakan tadi.” Akhirnya dia kembali memasuki sumur itu dan membuka sepatunya dan diisi air dengan penuh. Untuk mengangkatnya dia terpaksa menggigit sepatu tersebut, setelah sampai di daratan, anjing itu dia beri minum. Anjing itu pun bersyukur kepada Allah, dan orang yang memberi minumnya diampuni.”
Mereka bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah kita akan mendapat pahala bila kita berbuat baik kepada binatang?”

Beliau bersabda, “Berbuat baik kepada setiap yang bernyawa akan membuahkan pahala.” (HR. Bukhari – Muslim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KAMIS 26 SEPTEMBER 2024 - TAHSIN KLS 7C - HAFALAN

GURU MAPEL : AMIN NURROHIM, S.Pd.I SMP AL AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG CLASS : 7C MAPEL : TAHSIN KAMIS 26 SEPTEMBER 2024: JAM KE 3-4 (7C) Topic:  ...